Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Usmar Ismail

Ada yang berbeda dengan tampilan Google Doodle pada hari ini yang menampilkan gambar seseorang berada di belakang kamera sedang membidik tiga orang dara dalam frame film seluloid. Kalau gambar itu kita klik, maka akan mengantarkan pada mesin pencari dengan kata kunci Usmar Ismail.

Bertepatan dengan hari lahir maestro perfilman nasional yang 97 tahun, Google Doodle telah memodifikasi logonya untuk merayakan hari kelahirannya, Selasa, 20 Maret 2018 .

Usmar Ismail lahir pada di Bukittinggi, Sumatra Barat, 20 Maret 1921 dan meninggal pada tanggal 2 Januari 1971 di Jakarta, karena serangan stroke.

Pada mulanya Usmar Ismail menekuni bidang kesusastraan, kemudian terjun ke bidang seni peran mulai sandiwara dan perfilman, hingga akhirnya ditahbiskan sebagai Bapak Film Nasional.

Karya tulisa Usmar Ismail tersusun dalan buku kumpulan puisi Puntung Berasap (1950), sementara naskah drama Mutiara dari Nusa Laut (1943), Mekar Melati (1945), dan Sedih dan Gembira (1950).

Semasa hidupnya Usmar Ismail telah membuat 33 karya layar lebar, di antaranya karya-karyanya yang fenomenal, Film Darah & Doa (1950) telah berhasil mencatatkan namanya sebagai pelopor dan tonggak sejarah perfilman nasional. Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia yang ditandatangani Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie telah ditetapkan tanggal 30 Maret 1950 -waktu pertama kali pengambilan gambar film Darah & Doa (1950)- sebagai hari bersejarah bagi perfilm Indonesia yang kini diperingati sebagai Hari Film Nasional.

Sementara Film Tiga Dara (1957) merupakan film musikal Indonesia pertama dalam sejarah. Film ini dibintangi oleh Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak. Selamat ulang tahun Maestro!

Google Doodle adalah tampilan logo-logo Google yang dimodifikasi untuk merayakan peringatan atau event tententu pada setiap negara yang support Google.

 

You might also like