Panusupan Desa Di Atas Awan

Pesona Jawa Tengah banyak menawarkan ragam tujuan wisata yang indah dan sarat dengan kearifan lokal yang kuat, seperti wisata Candi Borobudur, Museum Purbakala Sangiran, Museum Kereta Api, Dataran Tinggi Dieng, dll.

Bagi pelancong yang tertarik dengan panorama alam dan seni budaya masyarakat setempat, Desa Wisata Panusupan bisa menjadi salah satu pilihan untuk wisata. Desa wisata ini berada di antara dataran Tinggi Dieng dengan Gunung Selamet Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Rembang, sekitar 30 km dari pusat Kota Purbalingga. Panusupan merupakan salah satu desa wisata edukasi yang manawarkan ragam pertunjukan budaya lokal.

Di Desa Panusupan pelancong dapat menikmati tempat wisata puncak Sendaren yang di ketinggiannya sekitar 682 mdpl yang menawarkan pemandangan kota Purbalingga yang indah di atas deretan awan, oma susu atau rumah burung dan juga jembatan Cinta yang memiliki konsep yang unik, asri dan mengesankan. Tidak hanya tempat-tempat indah saja, para pelancong pun bisa menikmati wisata kuliner dari hasil pertanian setempat. Untuk menghanangatkan badan dapat mencoba mencicip wedang jahe, dan jangan lupa untuk menghilangkan rasa lapar saat berwisata pelancong dapat mencoba kudapan cimplung yang terbuat dari singkong yang direbus dengan air nira.

Untuk menikmati wisata pertunjukan seni, Desa ini kerap menggelar budaya tarian khas yang disebut Tari Dayakan. Tarian ini merupakan salah satu seni turun temurun dari leluhur masyarakat Panusupan yang biasanya dimainkan oleh anak-anak dengan menggunakan aksesoris dari alam seperti dedaunan, janur kuning dan ilalang Ilalang yang digunakan pun khusus menggunakan ilalang Kapulata. Tarian ini diiringi tetabuhan dari berupa kentongan dan gong. Tampilan penari-penari Tari Dayakan dirias menyerupai orang alas (dari hutan), konon nenek moyang masyarakat desa ini konon merupakan masyarakat alas (hutan).

You might also like