Posisi Orang Paling kaya Dunia Berganti, Jeff Bezos Naik ke Status kedua Paling kaya Dunia

Patromaks.com – Status orang paling kaya dunia alami peralihan dalam seminggu paling akhir. Founder Amazon, Jeff Bezos, naik ke status orang paling kaya ke-2 di dunia dengan keseluruhan nilai kekayaan US$ 171,4 miliar.

Dalam pada itu, kekayaan orang paling kaya Eropa dan pebisnis mode, Bernard Arnault melorot dalam ke tingkat US$ 154,9 miliar. Awalnya Arnault sempat tahan lama di status orang paling kaya ke-2 dunia.

Dalam pada itu, orang paling kaya dunia di status pucuk masih ditempati Bos Tesla, Elon Musk, dengan keseluruhan nilai kekayaan US$ 229,1 miliar seperti diambil dari Forbes Real Time Billionaires per Jumat (4/3).
Posisi Orang Paling kaya Dunia Berganti, Jeff Bezos Naik ke Status kedua Paling kaya Dunia
Saham beberapa perusahaan tehnologi Amerika Serikat (AS) seminggu paling akhir turun terus. Dampaknya, banyak pendiri dan pemegang saham khusus beberapa perusahaan tehnologi alami rugi sampai miliaran dolar AS.
Terhitung pendiri Tesla Elon Musk, pendiri Amazon Jeff Bezos, pendiri Meta Mark Zuckerberg, dan pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin. Semua alami rugi sampai miliaran dolar AS.

Mencuplik Forbes, Senin (24/1/2022), dari 10 orang paling kaya dunia, kekayaan Elon Musk turun terbesar, yaitu US$ 23,9 miliar atau sekitaran Rp 341,77 triliun (kurs Rp 14.300).

Dalam pada itu konglomerat pemilik merk barang eksklusif LVMH Mo√ęt Hennessy Louis Vuitton, Bernard Arnault, jadi salah satu miliarder yang kekayaannya tidak turun. Nilai saham perusahaannya sedikit naik sepanjang seminggu paling akhir dan menambah beberapa pundi kekayaannya sampai US$ 4,5 miliar atau Rp 64,35 triliun.

Pergolakan harga saham membuat status orang paling kaya dunia berbeda. Jeff Bezos lengser dari urutan ke-2 diganti oleh Bernard Arnault.

Sekarang ini, rerata kekayaan miliarder dunia alami revisi. Awalnya, ada 10 orang miliarder dunia yang kekayaan di atas US$ 100 miliar. Tetapi pada beberapa bulan akhir yang masih ada tinggal 8 orang yang bertahan dengan nilai kekayaan di atas US$ 100 miliar.

Bahkan juga Bos Facebook, Mark Zuckerberg yang kekayaannya ada di bawah Bill Gates di urutan ke-4 atau ke-5 dunia terlontar jauh ke status 15 sekarang ini. Kekayaan Zuckerberg juga melorot mencolok ke tingkat US$ 71,7 miliar dan terlontar dari club exclusive orang paling kaya dunia dengan kekayaan di atas US$ 100 miliar.

Salah satunya miliarder yang kekayaan alami peningkatan ialah investor berpengalaman Warren Buffett. Awalnya kekayaan Buffett sempat ada di bawah US$ 100 miliar dan ada di posisi 9 atau 10 orang paling kaya dunia. Sekarang Buffett menulis peningkatan kekayaan dan ada di posisi ke-5 paling kaya dunia.

Merilis situs CNBC, Senin (31/1/2022), keruntuhan saham tehnologi belakangan ini sudah turunkan kekayaan orang paling kaya di dunia.

Sebutlah saja CEO Tesla Elon Musk, hartanya turun sampai USD 54 miliar selama setahun ini. Selanjutnya Pendiri Amazon Jeff Bezos kehilangan USD 27,8 miliar, pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin masing-masing kehilangan lebih dari USD 12 miliar dan bos Facebook Mark Zuckerberg turun USD 15,2 miliar.

Kebalikannya, berlainan dari orang paling kaya di dunia yang lain, Buffett malah kantongi peningkatan kekayaan bersih.

Ia mengantongi sekitaran USD 2,4 miliar, hingga menggerakkan keseluruhan harta jadi USD 111 miliar. Bahkan juga pada minggu ini, kekayaan CEO Berkshire Hathaway melalui Zuckerberg dan melonjak kembali lagi ke urutan ke-6 sebagai prang paling kaya dunia, menurut Bloomberg Billionaires Indeks.

“Dasawarsa untuk dasawarsa, Oracle of Omaha terus mempunyai sentuhan emas,” tutur Riset Wedbush Securities Dan Ives.

Ia menjelaskan hal itu argumen Buffett akan masuk ke catatan riwayat sepanjang beratus-ratus tahun – karena dikenali mempunyai kepercayaan kuat dalam investasi.

Tidak seperti CEO yang lain, di mana kekayaan bersihnya mayoritas berkaitan dengan perusahaan tehnologi, Buffett mempunyai portofolio yang terdiversifikasi semakin banyak yang memungkinkan menangani tindakan jual tehnologi.

Walau hartanya turun, kekayaan Musk sebesar USD 216 miliar masih menjadikan orang paling kaya dunia, nilainya nyaris 2x lipat dari Warren Buffett.