Penglipuran Salah Satu Desa Terbersih Di Dunia

Bali sebagai tujuan wisata tentu telah dikenal banyak orang baik wisatawan domestik maupun manca negara. Bali tidak hanya menawarkan panorama keindahan alam saja, di sana para pelancong dapat menikmati ragam ritual keagaaman, festival kebudayaan dan pertunjukan seni tradisi yang gelar di banyak tempat. Merupakan pemandangan yang biasa melihat masyarakat Bali melaksanakan kewajiban agamanya, dengan bangga mereka melakukan upacara atau ritual di tempat-tempat suci dengan segala persembahannya.

Salah satu tujuan wisata di Pulau Bali adalah desa wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli, 45km dari Kota Denpasar. Oleh masyarakat setempat Penglipuran dimaknai sebagai ‘pengeling pura’ yang berarti tempat suci untuk mengenang para leluhur. Kawasan wisata ini menawarkan wawasan menarik tentang budaya asli masyarakat desa Penglipuran dengan keasrian gaya arsitekturnya rumah yang tertata rapih dan bersih. Tidak heran kalau Panglipuran ini menjadi salah satu desa terbersih di dunia.

Di desa ini pengunjung dapat menikmati panorama yang asri, sejuk, bersih dan kearifan lokal yang masih terjaga hingga kini. Selain itu juga dapat mengagumi Pura Kehen dan Pura Terta, menikmati pemandangan Danau Batur dari gunung berapi Gunung Batur dan mencicipi kopi nikmat di perkebunan setempat.

Masyarakat Panglipuran memiliki pegangan yang mengajarkan keharmonisan manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya, dari pegangan inilah masyarakat Panglipuran menjaga kelestarian alam dan bukti penghormatan mereka kepada Sang Pencipta.

Desa Panglipuran merupakan desa yang memiliki hutan bambu yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata bambu Kyoto yang ada di Jepang. Menurut masyarakat pohon bambu ini merupakan peninggalan turun temurun dari nenek moyang dan tidak sembarangan orang menebang pohon bambu di desa ini.

Di desa ini merupankan salah satu tempat penghasil anyaman bambu, seperti Sokasi atau yang lebih tepat adalah tempat menaruh sesajen persembahyangan.

You might also like